Mencari Standar Isi Bahasa dan Sastra Sunda

28 Desember 2008 at 02:48 7 komentar

Melalui Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 423.5/Kep.674-Disdik/2006 pada tanggal 25 Juli 2006 ditetapkan tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Serta Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (baca: Standar Isi) mata pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda yang ditetapkan melalui SK Gubernur Jawa Barat tersebut merupakan pedoman kegiatan pembelajaran para guru bahasa Sunda dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran bahasa dan sastra Sunda di kelas.

Lazimnya peraturan perundang-undangan di Indonesia, keputusan ini pun mulai berlaku sejak tanggal ditetapkannya. Dengan demikian sudah seharusnya kami, para guru bahasa Sunda, mendapatkan sosialisasi yang semestinya atau paling tidak mempunyai salinan dari SK tersebut yang didistribusikan melalui dinas pendidikan setempat untuk dipelajari sendiri.

Tetapi pada kenyataannya hingga sekarang, seperti yang dialami oleh sekolah kami, SD-Plus Arafah di lingkungan Dinas Pendidikan Kecamatan Rancaekek, keputusan tersebut sama sekali belum tersosialisasikan apalagi untuk dilaksanakan. Dalam hal ini, lagi-lagi, membuktikan bahwa kinerja para pemangku jabatan di lingkungan dinas pendidikan belum terlihat adanya koordinasi yang baik.

Permasalahan ini pada akhirnya menyulitkan kami, para guru bahasa Sunda, yang berhadapan langsung dengan anak didik di kelas. Kesulitan yang sangat dirasakan oleh kami ketika itu adalah dalam hal pengembangan Silabus dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Silabus dan RPP merupakan perencanaan proses pembelajaran yang sudah harus disiapkan jauh-jauh hari oleh guru sebelum kegiatan pembelajaran di kelas berlangsung.

Di satu sisi, pedoman yang kami miliki hanyalah Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Dasar yang ditetapkan melalui Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Nomor 979/102/Kep/I/94, di sisi lain, pengembangan Silabus dan penyusunan RPP idealnya dan bahkan seharusnya berpedoman pada Standar Isi yang telah ditetapkan sebagai persiapan nanti dalam menghadapi Ulangan Akhir Semester (UAS) dan atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda yang soalnya dibuat oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Menyiasati permasalahan di atas, sampai dengan berakhirnya tahun pelajaran 2006/2007, sekolah kami dalam kegiatan pembelajaran di kelas dengan terpaksa hanya bisa mengandalkan buku teks ajar yang ada. Baru kemudian menginjak tahun pelajaran 2007/2008, sehubungan dengan akan diadakannya akreditasi, sekolah kami berhasil mencari informasi dan mulai menerapkan Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda dalam pelaksanaan kegiatan pembelajarannya. Upaya ini dilakukan sekolah kami supaya nanti lebih siap pada saat menjawab berbagai pertanyaan dari asesor dan tidak katempuhan buntut maung oleh ketidakberesan yang terjadi di dinas pendidikan.

Cara yang mudah untuk mencari sesuatu hal di era teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini adalah melalui internet. Namun sayang, Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat seperti tidak merasa penting untuk menginformasikan dan lebih jauhnya memberikan link download di website-nya mengenai Standar Isi mata pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda. Untuk itu, tidak ada jalan lain, sekolah kami harus langsung neunggeul ka puhuna, yaitu langsung mendatangi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat di Jalan Dr. Radjiman No. 6, Bandung.

Menyikapi pengalaman sekolah kami dalam mencari informasi mengenai Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda, ke depannya kami berharap dinas pendidikan bisa lebih cepat tanggap dalam mensosialisasikan setiap kebijakan baru yang dikeluarkan supaya tidak membuat bingung dan menyulitkan para guru dalam pelaksanaannya di lapangan.

About these ads

Entry filed under: Edu On Essay. Tags: , , .

Reformasi Pendidikan

7 Komentar Add your own

  • 1. bujanggamanikedu  |  28 Desember 2008 pukul 04:32

    Tulisan ini merupakan salinan dari halaman weblog http://www.bujanggamanik.blogdrive.com. Pemuatannya kali ini sebagai upaya mengumpulkan tulisan yang berhubungan dengan dunia pendidikan dalam satu halaman weblog. Terima kasih.

  • 2. Taufik Ampera  |  11 Maret 2009 pukul 09:54

    Ass.wr.wb.

    hapunten nembe diwaler. Nuhun kana perhatosanana, Allhamdulillah sim kuring aya hibar estu di UKM matak pikabetaheun,sagala rupi kanggo diajar gampil pisan kajabi beus nu ti rorompok ka kampus rada sesah teh tur lami ngantosna.

    Sae atuh, memang urang kedah gaduh udagan. karaos pisan sakola di luar teh seueur pangalaman hirup nu kacida mangpaatna.
    Sim kuring jurung dua, mugia kuliahna enggal rengse, lungsur langsar dina mayunan ujian.

    Salam baktos ka kulawarga di Bandung.

    Tilam sono ti pangumbaraan
    taufik ampera

  • 3. Candra T. Munawar  |  15 Maret 2009 pukul 03:09

    Hatur nuhun oge parantos rurumpaheun ngalongok ka saung butut ;-) Pa, pami tos mulih ka lemah cai, diantos kanggo ngaguar pangalamanana.

    Salam baktos,
    pun Candra

  • 4. guru lieur  |  26 Maret 2009 pukul 19:21

    sarua aing oge pusing neangan standar isi, arek ujian praktek ge hese, kudu kumaha? mun kitu mah kumaha kuring weh ah ?

  • 5. Candra T. Munawar  |  26 April 2009 pukul 21:36

    To: Guru Lieur
    teu kedah lieur Kang, teras we ka diknas pemprov jabar, insyaalloh dipasihan ;-)

  • 6. jajang  |  21 Juli 2010 pukul 19:53

    anu jauh ti wanung kumaha kang, kan make duit..
    kuring di ujung jabar paling kulon

  • 7. Candra T. Munawar  |  27 Maret 2012 pukul 19:47

    Tah rupina urang kedah ngadongsok ka UPTD-na, mangga we dicobian….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Credits



Sekolah Victory Plus

Kalender

Desember 2008
S S R K J S M
    Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Chat With Me

e-mail:
bujanggamanik@yahoo.co.id
HP:
08996967134

Blog Stats

  • 19,807 hits

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: